Prosedur Disertasi

Prosedur Disertasi

Penelitian disertasi diawali dengan:

  1. Mahasiswa telah lulus matakuliah semester 1 sampai semester 3 (kurikulum lama) sedangkan untuk mahasiswa kurikulum baru, telah lulus matakuliah semester 1 dan 2.
  2. Lulus ujian kualifikasi, ujian kualifikasi meliputi seluruh mata kuliah yang sesuai dengan materi penelitian yang ada dalam proposal disertasi.
  3. Membuat Proposal disertasi dan seminar proposal.
  4. Mahasiswa yang telah melewati seminar proposal mendapatkantambahan dua mata kuliah penunjang disertasi yang disesuaikan dengan arah penelitian disertasinya serta ditunjuk dosen  Promotor dan Co-promotor.
  5. Bagi mahasiswa yang telah disetujui proposal dapat melanjutkan penelitiannya kelapangan.
  6. Mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitiannya dilapangan dapat melakukan seminar hasil penelitian dan dapat melanjutkan ke sidang tertutup dan terbuka.

Penulisan Hasil Penelitian Disertasi

Format Penulisan Disertasi

  1. Disertasi adalah karya tulis akademik hasil kegiatan penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, atau menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah yang sementara tidak diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dilakukan oleh calon doktor di bawah pengawasan pembimbingnya.
  2. Persyaratan disertasi meliputi:
    1. Originalitas disertasi.
    2. Sumbangan pada ilmu dan nilai penerapannya berupa rekomendasi.
    3. Kelengkapan metodologi dan kecanggihan penelitian, kedalaman, dan penguasaan dasar teori.
    4. Kejelasan realitas berdasarkan fakta yang lengkap, sistematika pemikiran, kecermatan perumusan masalah, dan batasan penelitian.
    5. Temuan baru berupa teori baru (reteori) dan/atau teori lama yang dimodifikasi (rekonseptualisasi) dan/atau perluasan aplikasi teori lama (reklasifikasi).
    6. Etika ilmu pengetahuan.
    7. Disertasi disusun menurut kaidah penulisan ilmiah dan sesuai dengan usulan penelitian disertasi yang telah disetujui oleh pembimbing disertasi dan diketahui oleh ketua program studi.
    8. Naskah disertasi ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan ringkasan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Apabila salah seorang pembimbing atau penguji tidak menguasai bahasa Indonesia, disertasi dapat ditulis dalam bahasa Inggris dengan ringkasan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
    9. Format disertasi dibakukan sesuai dengan tata cara yang terdapat di dalam buku pedoman penulisan usulan dan disertasi Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi.