Struktur Organisasi

Adapun struktur organisasi di Program Studi Akuntansi yaitu:

 
   

Gambar 1 : Struktur Organisasi Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi

Staf Pengajar

Tugas pokok staf pengajar adalah melaksanakan tugas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dibebankan oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi maupun yang dilakukan secara mandiri. Staf Pengajar diharapkan memotivasi mahasiswa dalam belajar, pemberian pesan moral dan etika pada mahasiswa, dan melaksanakan bimbingan disertasi dan konseling. Staf Pengajar juga didorong untuk mendapatkan gelar Professor, mengikuti program pelatihan, seminar, lokakarya, dan kelompok kerja berkelanjutan guna meningkatkan kualitas dan kemampuan staf pengajar.

Kepala Laboratorium Komputer

Tugas pokok kepala laboratotium komputer adalah melaksanakan kegiatan di Laboratorium Komputer yang berhubungan dengan aktivitas program studi.

Staf Administrasi

Tugas pokok staf administrasi adalah membantu pelaksanaan administrasi pada Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi.

Staffing

  1. Ketua Program Studi menentukan jumlah dosen yang dibutuhkan dan menunjuk dosen untuk tiap mata kuliah tiap semester;
  2. Menunjuk tenaga administrasi yang dibutuhkan untuk tiap semester;
    1. Menunjuk dosen sebagai promotor dan co-promotor untuk mahasiswa yang sedang mengajukan judul disertasi.
    2. Menunjuk dosen sebagai dosen pembanding dan penguji untuk mahasiswa yang akan seminar proposal, seminar hasil, ujian tertutup dan ujian terbuka (Promosi Doktor).

Leading

  1. Mengarahkan dan memberi masukan kepada dosen maupun tenaga administrasi untuk meningkatkan mutu kinerja.
  2. Menyampaikan masukan dari mahasiswa atau pihak lainmya dan dibahas dalam Rapat Program Studi.
  3. Arahan khusus bagi dosen dan staf jika dipandang diperlukan.

Controlling

  1. Ketua Program Studi memastikan seluruh pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar mutu dan manual prosedur.
  2. Memantau persiapan perkuliahan, kehadiran dosen, tata cara perkuliahan, materi sesuai dengan silabus.

3. Memantau seluruh pelayanan dan fasilitas berjalan dengan baik. 

SS

  • SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

    Sasaran dan strategi pencapaian visi misi program studi tertuang dalam Renstra 2015 – 2020 dan rencana kerja tahunan Program Studi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU yang dalam penyusunannya merujuk dan memperhatikan renstra fakultas dan renstra USU. Dari renstra Program Studi ini kemudian program studi menyusun program kerja tertulis tahunan selama 5 tahun. Sasaran Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

    Sasaran Program Studi

    1. ahun 2016-2020 ditargetkan untuk citra dan reputasi pada level nasioanal, meningkatkan jumlah penelitian yang bereputasi internasional dengan jumlah rata-rata pertahun 50 artikel, meningkatkan jumlah dosen tetap yang sesuai dengan kualifikasi.
    2. Tahun 2021-2025 ditargetkan memiliki daya saing tingkat ASEAN dengan terciptanya keunggulan kompetitif dalam menghasilkan alumni, produk ilmu pengetahuan, riset/pengabdian masyarakat.

    Strategi Pencapaian

    Untuk mencapai sasaran di atas, Program Studi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU menetapkan dan melaksanakan strategi pencapaian yang realistik yakni: 

    1. Melanjutkan dan meningkatkan kegiatan dan prestasi  yang baik yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya.
    2. Mendorong peningkatan sumber daya manusia Program Studi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU melalui pendidikan & pelatihan formal maupun informal.
    3. Meningkatkan kualitas kompetensi lulusan Program Studi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU dengan penerapan kurikulum yang lebih sesuai dengan perkembangan IPTEK dan Globalisasi.
    4. Mengusulkan penambahan infrastruktur pendukung seperti ruang kuliah, ruang kerja dosen dan ruang rapat /seminar, peralatan meubeler dan media belajar lainnya.
    5. Penataan dan penyempurnaan proses pembelajaran di lingkungan Program Studi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU sehingga suasana akademik benar-benar maksimal.
    6. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melaksanakan kerja sama dengan stake holder melalui kegiatan penelitian, pengabdian maupun seminar di dalam negeri maupun luar negeri.
    7. Mendorong dan memfasilitasi dosen mengikuti kegiatan ilmiah dan mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional yang lebih intens.
    8. Mewujudkan tata kelola menajerial berkualitas internasional agar Prodi S3 sejajar Universitas terkemuka Asean.

    i.    Menambah dan memperluas kerjasama dengan instansi dan lembaga-lembaga lainnya di Indonesia dan Negara-negara Asean terutama dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. 



tentang

Program Studi (PS)                            :  Doktor Ilmu Akuntansi

Unit Pengelola ProgramStudi               : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Program/Sekolah                               :  Doktor Ilmu Akuntansi

Unit Pengelola Program Studi              :  Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Perguruan Tinggi                                : Universitas Sumatera Utara

Nomor SK Pendirian PS (*)                 : 941/H5.1R/SK/PRS/2009

Tanggal SK Pendirian PS                     :  01 Mei 2009            

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                                 : Rektor Universitas Sumatera Utara

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                          : Januari 2010

Nomor SK Izin Operasional (*)    :  941/H5.1R/SK/PRS/2009

Tanggal SK Izin Operasional              :  01 Mei 2009

Peringkat (Nilai) AkreditasiTerakhir    :  C

Nomor SK BAN-PT                            :  006/SK/BAN-PT/Akred/D/I/2014    

Alamat PS      Alamat PS                           :  Jl. T.M Hanafiah Gd. Pascasarjana Ilmu-ilmu Ekonomi, Kampus Universitas Sumatera Utara Medan, 20155

No. Telepon PS                                 :  061-8225464

No. Faksimili PS                                :  061-8225464

Homepage dan E-mail PS                  :  www.sps.usu.ac.id

                                                          http://dok-akuntansi.usu.ac.id

VM

VISI 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tanggal 28 Februari 2014 tentang Statuta Universitas Sumatera Utara menetapkan visi USU “Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global”.

Berdasarkan visi universitas di atas, maka visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU adalah “Menjadi salah satu fakultas ekonomi dan bisnis terkemuka yang dikenal unggul  dan mampu memenuhi kebutuhan pasar  dalam persaingan global”.

Sejalan dengan visi Fakultas tersebut, maka Program StudiS3 Ilmu Akuntansi FEB USU menetapkan visinya “Menjadi program studi yang unggul dan mampu bersaing dalam bidang Ilmu Akuntansi di ASEAN pada tahun 2030”.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada kompetensi dan pengembangan Ilmu Akuntansi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan dan menemukan konsep, model dan teori Ilmu Akuntansi yang diakui secara nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan dan pengabdian pada masyarakat dengan tindakan nyata dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan beberapa pemangku kepentingan dalam dan luar negeri terutama dalam bidang Akuntansi.

Visi Program Studi ditetapkan sedemikian untuk memastikan bahwa visi program studi sesuai dengan visi fakultas dan sesuai juga dengan visi universitas. Visi program studi yang unggul, seperti disebutkan di atas, mencakup tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam hal ini, Program studi berupaya maksimal dan berterusan untuk mencapai kecemerlangan.

Dalam upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan Prodi S3 Ilmu Akuntansi USU tersebut, maka disusunlah nilai-nilai yang didukung oleh tata nilai utama BINTANG yang menjadi pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan, yaitu:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinnekaan. Insan USU taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa bermohon kepada-Nya untuk segala upaya meraih keberhasilan, disertai semangat kebersamaan dan toleransi antar pemeluk agama yang berbeda-beda.

2.  Inovatif yang berintegritas. Insan USU menyadari bahwa untuk menjadi universitas ternama, bereputasi, dan memperoleh pengakuan internasional diperlukan inovasi di berbagai bidang dengan tetap berpedoman pada kaidah etika keilmuan dan profesionalisme.

3. Tangguh dan arif. Insan USU pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam memperjuangkan cita-cita dengan tetap bersikap arif.

Desain Prodi S3 Ilmu Akuntansi  FEB USU dilandasi oleh 3 (tiga) pilar utama yaitu pilar pendidikan dan pengajaran, Pilar Penelitian dan Pilar Pengabdian. Pilar-pilar ini akan menjadi pedoman untuk mewujudkan visi yang akan dicapai yaitu “Menjadi program studi yang unggul dan mampu bersaing dalam bidang Ilmu Akuntansi di ASEAN pada tahun 2030.  

Pilar Pendidikan dan Pengajaran

Pada periode 2017 – 2022, Prodi S3 Ilmu Ekonomi  USU mulai menghasilkan cendekiawan yang memiliki tata nilai utama BINTANG dengan ciri memiliki jati diri yang kuat, bertakwa, berinovasi, berintegritas, serta memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan dan bersikap arif dalam menyikapi berbagai persoalan. Untuk dapat mengadopsi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, Prodi S3 Ilmu Akuntansi USU melakukan revitalisasi kurikulum secara dinamis dan berkesinambungan tanpa terlepas dari sistem regulasi yang berlaku di Indonesia serta tuntutan perkembangan keilmuan dan pasar agar tetap sejajar dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Selain itu, Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU direncankan akan melaksanakan program pertukaran mahasiswa dan dosen dengan perguruan tinggi nasional dan internasional dilakukan secara bermartabat untuk dapat menyandingkan Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU dengan perguruan tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri. Terciptanya atmosfer akademik yang kondusif menjamin kebebasan mimbar akademik dan kebebasan akademik yang bertanggung jawab sesuai dengan etika dan kode etik profesi yang menjadi kunci pengembangan pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi di USU.

Pilar Penelitian

Penelitian di Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU dilakukan secara terintegrasi dan lintas disiplin dengan melibatkan mahasiswa dalam rangka penyelesaian disertasi. Di samping itu, hasil penelitian dijadikan sebagai bahan ajar, didiseminasikan, dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional bereputasi, dan/atau mampu memenuhi kebutuhan pasar. Hasil penelitian juga dapat didifusikan ke dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan pemerolehan hibah penelitian kerja sama, baik kerja sama lokal, nasional, dan internasional dapat mendukung pemerolehan akreditasi nasional tertinggi institusi dan program studi.

Pilar Pengabdian Kepada Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan peran Prodi S3 Ilmu Akuntansi USU bagi pengembangan ekonomi masyarakat, pengabdian kepada masyarakat diarahkan padapenguatan kelembagaan dan pemberdayaan desa mitra, kearifan lokal, seni dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta upaya-upaya kemanusiaan lainnya seperti penanggulanganbencana alam. Selain itu, Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU mampu memberikan jasa konsultansi sebagai bentuk kontribusiterhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Di samping itu, Prodi S3 Ilmu Akuntansi FEB USU juga melakukan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri dalam upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat luas.